MENGAPA MANUSIA CEPAT MENGANTUK DI SAAT HUJAN TURUN?

Tidak ada penelitian pasti mengenai hujan dengan munculnya rasa lelah atau kantuk, tetapi terdapat beberapa bukti bahwa cuaca yang menjemukan dapat mempengaruhi hampir semua indera manusia. Salah satunya dengan memberi isyarat kepada manusia saatnya tidur siang, atau membuat anda lebih sulit bangun tidur di pagi hari.

Sinar matahari memicu tubuh manusia untuk berhenti memproduksi hormon melatonin, hal itu membuat manusia mengantuk di malam hari. Saat hujan dan langit mendung, manusia kehilangan jam alarm internal tubuh.

Naomi Rogers, ahli kronobiologi dari Central Queensland University mengatakan kepada Sydney Morning Herald, saat anda tidak melihat sinar Matahari di pagi hari, tubuh anda tidak akan mendapat isyarat untuk mengubahnya ke mode pagi.

Aroma hujan juga bisa menenangkan. tanaman mengeluarkan minyak selama periode karing untuk menghentikan bibit berkembang ketika tidak ada cukup air. Saat hujan, air mengeluarkan minyak yang terkumpul dan mencampurnya dengan bahan kimia bernama Geosemin, yang dihasilkan oleh bakteri tanah, untuk menciptakan aroma.

"anda juga akan mencium aroma tersebut saat anda berada di kebun dan membalik tanahnya." Bill Ypsilantis, spesialis kondisi dan kesehatan tanah, di Bureau of Land Manajemen.

Selain itu, setelah badai petir akan muncul aroma ozon, sebuah molekul yang terbuat dari tiga atom oksigen. Aroma tersebut dihasilkan saat petir berinteraksi dengan udara. Beberapa orang membandingkannya dengan aroma tajam klorin.

Suara hujan juga mampu menghibur manusia. Bunyi rintik hujan yang menerpa atap, payung, atau tanah, disebut 'pink noise'. Pink noise adalah kategori suara latar belakang dengan frekuensi yang dapat manusia dengar, berkisah 20 HZ sampai 20.000 Hz.

Volume pink noise lebih rendah pada frekuensi yang lebih tinggi. Menurut peneliti, hal tersebut dapat meningkatkan kualitas tidur karena mengurangi aktivitas otak manusia.

Hujan dapat membuat anda terlelap, menimbulkan aroma segar, serta suasana yang menenangkan. Sayangnya, tidak ada bukti kuat untuk membenarkan teori tersebut, tapi setidaknya anda sudah mengetahui sedikit mengapa anda cepat mengantuk di hari yang hujan. Demikian dilansir dari SBS.com
Share on Google Plus

About shiotikus.com

0 komentar:

Posting Komentar